Ini Kata Ustadz Efrizon Efendi LC MA

Ingin Tahu Keistimewaan di Bulan Dzulhijjah ?

ustadz Dr Efrizon Efendi LC MA. saat menyampaikan tausiah di Masjid Nurul Haq, Jumat (9/8/2019).

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Seperti biasanya,  pengurus Masjid Nurul Haq yqng berada di Jalan Duyung,  Kelurahan Tangkerang Barat,  Kecamatan Marpoyan Damai melaksanakan wirid pengajian rutin minguan,  Jumat (9/8/2019. Untuk kali ini,  yang menyampaikan tausiah yakni ustadz Dr Efrizon Efendi LC MA. 

Dalam tausiahnya ustadz Efrizon membahas tentang keistimewaan pada bulan Dzulhijjah ini. Dijelaskan ustadz Efrizon adapun keunggulan bulan Dzulhijjah ini antara lain bulan haram. Dimana pada bulan haram ini tidak ada kekerasan ,  pertengkaran serta hal yang tidak baik.

"Makanya pada bulan Dzulhijjah ini perbanyak dengan melaksanakan amal ibadah,  sehingga mendapatkan  keberkahatan dari Allah SWT, " ujar Efrizon.

Selanjutnya kata Efrizon pada bulan Dzulhijjah ini disebut juga bulan haji. Karena,  pada bulan ini juga umat islam melaksanakan haji ke kota Mekkah." Oleh sebab itu,  bulan Dzulhijjah ini memiliki rangkaian peristiwa yang bersejarah dalam islam. Terlebih lagi,  berhaji hanya ada pada bulan Dzulhijjah ini dan tidak bisa pula dipindahkan atau digeser pada bulan -bulan lainnya. Sehingga bulan Dzukhijjah ini sangat spesial sekali,  " sebut Efrizon.

Ditambahkan Efrizon,  selain itu keunggulan bulan Dzulhijjah yang terakhir bulan yamg disebut bulan berkurban. Bahkan, pada bulan Dzulhijjah ini pula tidak lupa sejarah Nabi Ibrahim yang taat dan dekat dengan Allah SWT,  dan ia diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putra yang sangat diicintainya Ismal. 

"Namun,  waktu itu Allah SWT menguji ketaatan Nabi Ibrahim . Tetapi,  Allah SWT membalas dengan mengirim Jibril ke dunia dan membawakan seekor kibas atau domba. Maka dari itu,  tersirat jika pengorbanan Nabi Ibrahim begitu besar,  sehingga Nabi Ibrahim mendapat balasan yang besar dari Allah SWT.Jadi bulan Dzulhijjah ini sangat banyak sekali maknya yang terkandung di dalamnya, " sebut Efrizon.

Diterangkan Efrizon,  maka Nabi Muhammad sangat marah kepada umatnnya yang mampi untuk berkurban,  namun tidak mau melaksanakan kurban. " Banyak petikan dan kisah yang bisa diambil dari pengorbanan seorang Nabi Ibrahim yang taat untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Oleh sebab itu,  Nabi Muhammad SAW sangat marah,  jika umatnya tidak mau berkurban padahal ia mampu. Bahkan,  Nabi Muhammad sampai-sampai  berkata keras dan peringatan kepada umatnya jangan datang ke masjid atau musala jika tidak mau berkurban, " terang Efrizon.

Pada kesempatani ini Efrizon juga menghimbau kepada jamaah atau masyarakat jika memiliki kelapangan harta dan rezeki untuk melaksanakan kurban.

" Dalam satu tahun ada 12 bulan. Selanjutnya sebelas bulan kita mencari dan berkurban untuk diri sendiri dan keluarga. Oleh sebab itu,  niatkan lah yang satu bulan untuk berkurban dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena  berkurban merupakan perintah Allah SWT . Dengan begitu, Allah SWT tentu akan membalas semua perbuatan yang kita dilakukan, " harap Efrizon. (Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar